Kamis, 25 Juni 2015

Pengertian Koperasi Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Koperasi Yang Perlu Anda Ketahui. Sebagian orang mungkin belum mengerti pengertian koperasi. Ada beberapa versi pengertian koperasi menurut ahli. Salah satunya adalah menurut James A. F. Stoner, koperasi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Caranya yaitu dengan mengkoordinasikan sumber daya manusia dan sumber daya modal yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Koperasi mengandung makna kerja sama. Sesuai dengan asal kata co-operation. Pengertian lainnya menurut Enriques, koperasi berarti menolong satu sama lain. Hal ini hampir sama dengan kebiasaan orang Indonesia yang ada sejak zaman dahulu yaitu gotong royong. Artinya masih sama, yaitu bekerja sama atau saling membantu. Beberapa pengertian tadi masih belum menyangkut ke pengertian koperasi sebagai sebuah badan usaha.
Gambar Logo Koperasi Indonesia

Pengertian Koperasi sebagai Sebuah Badan Usaha
Sebagai sebuah badan usaha, koperasi berlandaskan prinsip kekeluargaan untuk meningkatkan gerakan ekonomi rakyat. Koperasi menjadi sebuah sistem sosial ekonomi atau sosial teknik. Organisasi koperasi bisa ditinjau dari beberapa kriteria, misalnya, substansi sebagai sebuah sistem sosial dalam masyarakat, hubungan perbedaan lingkungan yang menggunakan suatu sistem terbuka, cara kerja dengan orientasi pada tujuan, serta pemanfaatan sumber daya sebagai salah satu suatu sistem dalam ekonomi. Masih ada lagi pengertian koperasi menurut ahli, yakni menurut Ropke. Koperasi merupakan beberapa atau sejumlah individu yang bersatu dalam sebuah kelompok yang memiliki tujuan yang sama. Koperasi sebagai perusahaan memiliki tugas untuk menunjang kepentingan para anggota kelompok koperasi. Caranya dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh anggota dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Dari beberapa pengertian koperasi yang sudah disebutkan di atas, tentu kita semua kemudian bisa menyimpulkan bahwa koperasi merupakan sebuah badan usaha yang merupakan satu kesatuan dari anggota, pengelola, dan pengawas yang melakukan usaha untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi anggotanya melalui kegiatan yang dilakukan koperasi. Anggota koperasi bisa menjadi konsumen akhir maupun berperan sebagai pengusaha. Dalam status yang dimilikinya, baik sebagai konsumen maupun pengusaha, koperasi bisa dimanfaatkan dalam aktivitas sosial ekonomi yang dilakukan. Demikianlah pengertian koperasi, semoga bisa menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar